Kamis, 27 Juni 2013

Kriptografi ...


Kriptografi adalah suatu cara untuk menjaga kerahasiaan dari suatu data atau informasi dengan cara mengubahnya ke dalam teks atau tulisan yang bersandi yang tidak bisa di baca oleh orang lain. Kriptografi penting pada jaman sekarang karena semakin banyak dan tingginya kemungkinan suatu sistem bisa di hack oleh para hacker, maka dari itu salah satu cara untuk mencari menanganinya  adalah dengan kriptografi kita bisa mengirim data dan informasi yang penting tetapi tidak di ketahui oleh orang lain kecuali oleh orang yang berhak untuk melihat keaslian dari data yang kita kirim. Dua orang yang saling mengirim informasi jelas pasti mengetahui isi dari informasi tersebut tetapi sudah di sandikan dengan karakter – karakter tertentu yang tidak bisa di baca oleh orang yang tidak mempunyai hak dalam keaslian data tersebut.

Kriptografi mempunyai 4 komponen utama, yaitu:
1.       Plaintext
Plaintext merupakan suatu pesan yang ditulis atau diketik yang memiliki makna dari plaintext inilah suatu data diproses dengan menggunakan algoritma kriptografi untuk menjadi chipertext

2.       Ciphertext
Chipertext merupakan suatu pesan yang sudah melewati proses enkripsi, pesan pada chipertext sudah tidak dapat di baca karena sudah berisi karakter – karakter yang tidak mempunyai arti

3.       Key atau Kunci
Kunci adalah suatu informasi yang mengendalikan jalannya sebuah algoritma kriptografi. Kunci untuk enkripsi di buat untuk umum atau bisa di ketahui orang secara sembarangan, tetapi kunci untuk deskripsi  hanya boleh di ketahui oleh orang yang mempunyai hak saja atau dengan kata lain kunci deskripsi itu dirahasiakan

4.       Algoritma
Algoritma berfungsi untuk melakukan tujuan dari kriptografi, algoritma harus melakukan konfusi dan difusi untuk mengamankan suatu informasi. Dengan kata lain algoritma adalah metode untuk melakukan enkripsi dan deskripsi


Dalam melakukan enkripsi ada 2 proses, yaitu :
1.    Enkripsi
Enkripsi adalah proses mengubah sebuah kode yang bisa di mengerti menjadi sebuah kode yang tidak bisa di mengerti, biasanya mengubahannya menggunakan karakter – karakter yang tidak bisa di mengerti, contohnya :
rumah
xasgn
motor
suzux

2.    Deskripsi
Deskripsi adalah proses mengubah sebuah kode yang tidak bisa di mengerti menjadi sebuah kode yang bisa di mengerti, contohnya :
xasgn
rumah
suzux
motor


Metode – Metode dalam Kriptografi, yaitu :
1.    Caesar Chiper
Caesar merupakan salah satu metode enkripsi yang paling di kenal dan paling sederhana. Sandi ini termasuk sandi subsitusi dimana setiap huruf atau teks yang normal diganti dengan huruf lain yang memiliki selisih posisi tertentu dalam alphabet. Contohnya jika kita menggunakan geseran sebanyak 3, maka H akan menjadi K, A akan menajdi D, L akan menjadi O, dan O akan menjadi R.

                                        HALO maka menjadi KDOR

2.    Monoalphabetic Chiper
Monoalphabetic merupakan menyandian kunci dalam bentuk string berupa nama, alamat atau sebuah pesan teks. Setiap huruf dalam sebuah teks hanya bisa muncul sekali saja dan jika sudah selesai dalam satu kalimat selanjutnya huruf – huruf dalam kalimat tersebut yang belum masuk dalam kunci di tambahkan.

3.    Polyalbhabetic Chiper
Polyalphabetic Chiper merupakan penyandian data dengan menggunakan alphabet campuran untuk menenkripsi suatu pesan. kebanyakan penerapan polyalbhabetic mengulangi kunci monoalphabetic selama n periode, n adalah panjang kunci. Metode Alphabetic menghasilkan pola enkripsi yang lebih acak karena dalam penyandiannya setiap huruf yang sama di enkripsi menjadi huruf yang berbeda.

Referensi :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar