Minggu, 09 Juni 2013

Email Security

Email adalah singkatan dari electronic mail. Email sekarang sangat sering digunakan untuk mengirimkan data atau surat melalui media elektronik menggunakan internet dengan waktu yang sangat cepat, email digunakan oleh banyak kalangan baik pelajar, mahasiswa maupun pekerja. Email bisa diakses atau dibuka melalui komputer, laptop maupun melalui handphone yang mempunyai jaringan internet. Contoh email seperti : yahoo messenger, hotmail, gmail dll. Email tidak hanya mempunyai banyak kelebihan saja bagi penggunanya tapi juga mempunyai kekurangan bagi pengguna emailnya.
Syarat melakukan pengiriman E-mail, yaitu :
  1. Membuat alamat email
  2. Mengetahui Username & Password dari email
  3. Mengetahui E-mail yang di tuju
Salah satu bentuk serangan yang paling sering terjadi pada email adalah spamming. Spam adalah suatu bentuk gangguan dalam hubungan internet, biasanya dalam bentuk pesanan yang banyak yang tidak diinginkan. Bentuk spam yang paling terkenal adalah spam email. Jenis – jenis spam, yaitu : spam email, spam chat , spam forum, dan spam SMS.
Beberapa cara untuk mengatasi spamming yang masuk ke inbox kita, yaitu :
  • Jangan sembarangan memasukkan email ke form situs-situs yang tidak terpercayai. Biasanya modus untuk mengirimkan spam adalah dengan download gratis, namun website tersebut meminta untuk memasukkan email kita
  • Pada saat ada email spam yang masuk ke inbox kita dan kita membuka email tersebut,      jangan mendownload file attachment yang terlampir di email spam tersebut karena kemungkinan besar attachment tersebut berbahaya untuk email atau komputer kita
  • Jangan mengklik link dalam email spam yang di buka. Bisa jadi link tersebut akan membahayakan akun email atau komputer kita
  • Jika menerima email spam yang masuk ke inbox kita, sebaiknya langsung tandai email tersebut sebagai spam. Ini ditujukan agar layanan email kita langsung menandai email tersebut spam dan tidak akan masuk ke inbox lagi.
  • Gunakan layanan email yang bagus dan terpercaya agar menghindari untuk menerima email spam.


Manfaat Email
Tak dapat dipungkiri, email merupakan satu alat yang paling penting dalam bisnis internet. Dimana kita bisa melakukan kontak dan menjalin hubungan dengan pembeli secara teratur dan regular.
Adapun beberapa manfaat email diantaranya adalah seperti berikut ini:
  • E-mail dapat menghubungkan kita dengan siapa saja yang terhubung di internet di seluruh dunia dengan biaya pulsa lokal.
  • Dengan e-mail, data dikirim secara elektronik sehingga sampai tujuan dengan sangat cepat.
  • Dapat mengirim kepada lebih dari satu orang dengan saat bersamaan.
  • Dapat mempermudah komunikasi dengan orang yang ada di seluruh dunia.
  • Digunakan untuk berlangganan informasi tertentu secara periodik.
Kelebihan Penggunaan Email :
  -   Nyaman
Untuk mengirim surat tidak perlu ke kantor pos, cukup duduk di depan komputer yang terhubung Internet dan ketik pesan lalu dikirim ke alamat tujuan. Bahkan sekarang ini e-mail bisa dikirim melalui media komunikasi mobile seperti ponsel dan PDA (Personal Assistant Data). Cepat Hanya dengan hitungan detik e-mail dapat dikirimkan ke belahan dunia manapun. Murah Biaya pengiriman relatif sangat murah dibandingkan penggunaan telepon atau surat, terutama jika mengirim surat atau interlokal ke luar daerah atau luar negeri. Hemat sumber daya Kita tidak perlu membeli kertas, pulpen, atau memboroskan tinta printer untuk digandakan lalu dikirimkan ke beberapa orang sekaligus yang tidak sedikit mengeluarkan biaya.
-    Global 
E-mail bisa digunakan oleh siapa saja, di mana saja, dan kapan saja sebagai sarana komunikasi di seluruh penjuru dunia. Reliabel Kita bisa menyimpan e-mail di server yang tidak akan hilang kecuali dihapus. Pesan multimedia Pesan yang dikirim tidak hanya sekedar teks (tulisan) saja. Isi e-mail dapat berupa gambar, foto, video, program, bahkan suara.

Kelemahan Penggunaan Email:
         -      Bisa terjadi salah kirim email
         -      Pemalsuan identitas pada email
         -      Sampah email atau spamming
         -      Kebanjiran email (banyak email yang tidak dibuka dan tidak dihapus)

Referensi :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar