Kamis, 27 Juni 2013

Antivirus

Semakin maju teknologi sekarang ini maka semakin banyak pula aplikasi yang bisa di download atau di instal pada komputer atau laptop kita, maka semakin besar pula kemungkinan komputer  atau laptop kita bisa terkena virus. Virus merupakan cara yang merusak suatu sistem yang kita miliki. Sangat besar kemungkinan virus bisa masuk dan menyerang komputer kita, misalnya kita mendownload sebuah aplikasi yang tidak terpercaya itu bisa menyerang sistem yang ada dalam komputer kita, kita mencopy data dari suatu komputer dengan menggunakan flashdisk itu juga bisa menjadi salah satu cara untuk virus masuk kedalam ke komputer kita.

Karena banyaknya serangan tersebut kita perlu penanganan dengan cara menggunakan antivirus. Antivirus adalah  sebuah perangkat lunak yang digunakan untuk mencegah, mengamankan dan menghapus  virus komputer dari sebuah sistem komputer, aplikasi ini dapat menentukan apakah sebuah sistem komputer  telah terkena  sebuah virus atau tidak. Antivirus sekarang tidak hanya mendeteksi virus saja, tetapi juga program antivirus telah di lengkapi dengan kemampuan untuk mendeteksi spyware, rootkits, dan malware lainnya. Antivirus sekarang juga sudah dilengkapi dengan firewall yang bisa melindungi komputer dari serangan para hacker dan anti spam atau sampah yang berupa inbox  berisikan virus.

Antivirus ada banyak macam tetapi kita harus memakai antivirus yang baik untuk waktu yang lama dan jangan lupa untuk selalu mengupdate antivirus yang ada atau yang kita pake pada komputer kita. Sekarang virus tidak hanya menyerang komputer atau laptop tetapi juga menyerang handphone yang kita miliki, kita juga bisa menginstal sebuah antivirus untuk handphone kita, antivirus yang di install tersebut mempunyai fungsi untuk mendeteksi setiap aplikasi yang kita download, jika ia mendeteksi aplikasi tersebut mempunyai virus maka akan ada pemberitahuan untuk menghapus aplikasi yang bervirus tersebut.

Pada umumnya cara kerja antivirus adalah sebagai berikut :
·        Pendeteksian dengan menggunakan basis data virus signature. Cara kerja antivirus ini merupakan pendekatan yang banyak digunakan oleh antivirus tradisional, yang mencari tanda-tanda dari keberadaan dari virus dengan menggunakan sebagian kecil dari kode virus yang telah dianalisis oleh vendor antivirus, dan telah dikatalogisasi sesuai dengan jenisnya, ukurannya, daya hancurnya dan beberapa kategori lainnya. Cara ini terbilang cepat dan dapat diandalkan untuk mendeteksi virus-virus yang telah dianalisis oleh vendor antivirus, tapi tidak dapat mendeteksi virus yang baru hingga basis data virus signature yang baru diinstalasikan ke dalam sistem. Cara penanganan ini bisa di dapatkan secara umum dengan di download gratis atau berlanganan dengan menggunakan waktu.

·        Pendekatan dengan melihat bagaimana sebuah virus bekerja. Cara ini disebut juga Behavior – blocking detection dengan menggunakan kebijakan yang harus di terapkan untuk mendeteksi keberadaan sebuah virus. Contohnya seperti antivirus yang mencoba untuk mengkases address book untuk mengirimkan email secara massal terhadap daftar email yang ada pada address book tersebut dengan cara mengirimkan lewat email maka antivirus akan menghentikan proses yang di lakukan oleh perangkat tersebut.  Antivirus juga dapat mengisolasi kode-kode yang dicurigai sebagai virus hingga administrator menentukan apa yang akan dilakukan selanjutnya. Keuntungan dari cara ini adalah antivirus dapat mendeteksi adanya virus-virus baru yang belum dikenali oleh basis data virus signature. Kekurangannya, jelas karena antivirus memantau cara kerja perangkat lunak secara keseluruhan , maka seringnya antivirus membuat alarm palsu atau "False Alarm" (jika konfigurasi antivirus terlalu "keras"), atau bahkan mengizinkan virus untuk berkembangbiak di dalam sistem terjadi false positive.

Referensi  :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar