Sabtu, 29 September 2012

Software Process

Software adalah kumpulan item atau objek yang membentuk konfigurasi atau keterkaitan satu sama lain untuk membentuk sebuah program. Di dalam sebuah software terdapat beberapa komponen, yaitu :
  1. Dokumen, berisi tentang bagaimana program tersebut dijalankan
  2. Data, merupakan input yang dibutuhkan oleh sebuah program untuk diolah
  3. Program
Dalam proses pembuatan software terdapat 2 pihak, yaitu costumer dan pembuat program. Kegiatan yang terjadi antara costumer dan pembuat program bersifat seperti percakapan. 

Awalnya costumer menghubungi programmer untuk menjelaskan program yang dia butuhkan kemudian programmer akan menganalisis dan mendesain rancangan program yang akan  dibuat. setelah selesai merancang programmer akan memperlihatkan hasil rancangan programnya kepada costumer, jika costumer setuju maka programmer akan melanjutkan dan menyelesaikan program yang dikerjakannya. Setelah program jadi, maka programmer akan memberikan program tersebut kepada costumer untuk digunakan. 

Salah satu model pengembangan pada software yaitu Waterfall Model. 


Waterfall Model adalah pengembangan software yang cara kerjanya seperti air terjun, maksudnya pengerjaannya dilakukan secara berurutan. Dimulai dari Requirements yaitu mengenalisis kebutuhan program yang ingin dikerjakan. Setelah itu Desain yatiu merancangan model program dan cara kerjanya. 

Langkah berikutnya Implementation yaitu membuat pengkodean pada program yang sedang dikerjakan. Verification yaitu mencoba program yang telah dibuat dan yang terakhir Maintenance yaitu perawatan atau pemeliharaan program yang sudah dibuat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar